page counter

sejak 4 April 2008

Belajar mengenal dokumen
Kali ini Yusuf diberi tugas oleh Ustadzah Atun untuk mengumpulkan macam-macam fotocopy dokumen yang dipunyai oleh Ibu dan Bapak di rumah. Pada awalnya Yusuf tidak tahu apa sebenarnya maksud dan tujuan tugas yang diberikan oleh Ustadzah Atun. Dengan berbekal sejumlah dokumen yang ada di rumah, Yusuf dengan ditemani ibu pergi ke tempat fotocopian. Sengaja Yusuf sendiri yang menghadap langsung ke petugas di tempat fotocopian untuk meminta fotocopi beberapa dokumen yang di bawa. Ibu hanya mengawasi saja. Kata ibu melatih Yusuf untuk belajar berani dan bisa menyampaikan permintaan fotocopi dengan baik. Selama ini memang Yusuf sudah dilatih sama Ibu, Mbah Lanang dan Mbah Wedok untuk membeli beberapa barang kecil seperti sabun mandi, sikat gigi atau beli makanan2 kecil ke warung deket rumah. Yusuf sdh dilatih di sekolah mengenal jumlah uang dan bagaimana prinsip dasar jual-beli. Di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta hal tersebut sudah diajarkan melalui market day.
Akhirnya selesai sudah Yusuf mengumpulkan fotocopi dokumen2. Yusuf berhasil melaksanakan tugas mengumpulkan dokumen-dokumen seperti SIM, KTP, STNK, KK, Surat Nikah dan Akte Lahir Yusuf. Dari pelajaran ini ternyata Yusuf baru sadar dan tahu bahwa untuk dan agar diperbolehkan menyetir kendaraan maka diperlukan surat ijin mengemudi (SIM). Demikian juga kegunaan dokumen-dokumen yang lain. Bagi Yusuf ini sebuah pelajaran yang sangat berharga sekali. Yusuf bisa mengetahui kegunaan masing-masing dokumen tersebut termasuk bagaimana cara mendapatkannya dan apa syaratnya. Kata ibu pelajaran seperti ini lebih berharga dibanding Yusuf hanya dijelaskan di kelas saja.
Akhir dari tugas ini, Yusuf diminta mengkoleksikan smua dokumen2 tadi dalam sebuah map. Di rumah Yusuf pun dengan antusias bercerita sama Dek Yunus tentang dokumen2 tersebut. Dek Yunus hanya melongo saja, entah paham atau tidak dengan ceritanya Mas Yusuf. Kalau sudah bosen dengerin ceritanya Mas Yusuf, biasanya Dek Yunus langsung pergi begitu saja pergi ......katanya ma mainan ........hehehe.
0 Comments:

Post a Comment

<< Home